Like my promise..Hari ini saya lanjutin tulisan saya kemarin.
Saat kita coba melamar ke sebuah radio kadang kita diminta untuk megirimkan sample voice (sample siaran). Sebenernya terkadang radio Cuma minta sample suara kira (bukan sample siaran). Tapi biasanya orang2 mengirimkan sample siaran.Sample siaran ini biasanya diberikan oleh tempat kursus broadcasting  seperti yang saya dapet dulu. Nah..kalo di tempat saya kursus sample yang dibuat adalah sample siaran.Isinya ada bagian perkenalan, terus ada bagian sample siaran yang digabung dengan music (bener2 seperti sedang siaran, padahal yang direkam Cuma suara kita).Masalahnya adalah bagaimana kalo kita ga pernah ikutan kursus tapi pengen buat sample siaran. No Problem..kitabisa bikin sendiri sample siaran kreasi kita sendiri.
Alat yang diperlukan adalah :
1.       PC atau notebook dengan spesifikasi yang memadai dengan OS Windows atau Linux juga boleh
2.       Software Aplikasi audio, di sini saya menggunakan adobe audition (dulu cool edit) atau di Linux bisa coba pake jokosher (tidak akan saya bahas di sini)
3.       Microphone (disarankan yang agak bagus, kalo ada mixer lebih bagus lagi)
4.       Tempat yang sunyi dan sepi (biar g ada noise)
5.       Makanan ringan
6.       Kopi (buat yang suka)
7.       Jangan lupa solat dulu (karena memakan waktu yang cukup lama)
Okeh..mari kita mulai…
Pertama koneksikan dulu microphone ke tempat yang semestinya…..lalu kita siapkan software aplikasi nya. Kalo belum diinstal silakan install dulu, demo nya bias didonlod di http://www.adobe.com/go/gntray_dl_trialdownloads. nah ini adalah tampilan software nya. Disini saya menggunakan versi 1.5 (biar g terlalu lambat) maklum notebookny belum core i7.

Pertama kita akan merekam suara kita tanpa music. Karena tampilan awal pda multi track view kita switch dulu ke edit view (single track).Klik aja di ikon paling kiri. Begini tampilan edit view.

Sekarang klik pada tombol record untuk mulai merekam suara. Saat tombol record ditekan akan menampilkan pilihan bitrate.pilih 44100, chanel stereo dan 16 bit.Atau boleh dicoba yang lainnya.Semakin besar nilainya, kualitas rekaman akan semakin baik, tapi besar file juga makin besar.Kalo sudah klik OK.

Setelah OK di klik software akan mulai merekam suara anda..jadi silakan cuap-cuap disini.Kalo melakukan kesalahan tak perlu berhenti.Kembali ke awal dan lanjutkan tanpa perlu menekan tombol stop.Karena kita akan pilih bagian terbaiknya nanti. Kalo sudah selesai klik tombol stop.
Layar akan berwarna putih.artinya seluruh hasil rekaman dipilih .Klik play untuk mendengarkan hasilnya.
Jika ingin mendengarkan bagian tertentu saja, pilih bagian yanganda inginkan lalu klik play.

Sekarang kita akan memisahkan bagian-bagian rekaman. Bagian perkenalan.Bagian opening, closing dan sebagainya sesuai kepentingan. Pilih bagian yang paling oke. Dengan cara pilih dan play.Misalkan saya sudah menemukan opening saya yang bagus (ga banyak salah).klik kanan klik save selection

Lakukan ini untuk bagian yang lain.
Sebelum lanjut saya akan jelaskan dulu apa yang akan kita lakukan. Kita akan membuat sample siaran yang terpisah-pisah.Misal introducing, opening,insert,closing. Artinya kita akan membuat 4 file berbeda.jadi pastikan anda telah membuat 4 bagian tersebut secara terpisah dengan cara yang dijelaskan di atas.
Kalo sudah kita akan menggabungkan setiap hasil rekaman tersebut dengan music.Jadi kita akan punya 4 file baru dengan music.
Siap!!! Kita mulai…Klik file >>new session
Tampilan akan kembali ke multitrack view. Sekarang kita impor file yang akan kita gunakan. Yaitu file hasil rekaman dan music (lagu atau backsound).
Kali ini saya akan buat bagian opening. Saya akan buat seolah-olah saya opening menggunakan teknik outro-intro.  Jadi yang akan saya impor adalah file opening(hasil rekaman tanpa music), lagu 1 (yang akan digunakan outronya) dan lagu2 (yang dipakai intronya).Klik file>>impor..pilih file nya

Sekarang semua file sudah diimpor. Jika ketiga file ini digabung secara keseluruhan pasti akan terlalu lama durasinya. karena file lagu1 hanya diperlukan outro nya dan file 2 akan kita gunakan intronya, kita akan potong kedua lagu tersebut. Double klik pada lagu1 sehingga tampilan akan berpindah ke edit view
Pilih bagian depan yang tidak diperlukan lalu delete. Lakukan pula hal ini pada lagu2, hanya saja bagian belakangnya yang kita hapus.


Sekarang kita kembali ke multi track view.Klikpada tab multirack view.
Berikutnya kita tempatkan 3 file tersebut secara berurutan sesuai yang kita harapkan. Caranya cukup drag n drop saja. Karena berbicara di outro dan intro maka file rekaman opening akan kita tempatkan pada bagian outro (bukan setelah outro). Begtupula lagu2 akan kita tempatkan sebelum opening selesai. Kurang lebih seperti ini.

Track1 adalah lagu1, track2 adalah rekaman opening dan track3 adalahlagu2.Sekarang kita coba play.
Urutannya sudah sesuai hanya saja level suaranya belum pas. Kalo gitu kita edit dulu file rekaman  opening.Dobel klik agar berubah ke edit view. Klik Ctrl+A, karna kita akan mengedit seluruh bagian.Klik effect >>amplitude>>normalize…..Isi 100% pada bagian normalize to atau kalo terlalu keras isi dengan 80 atau 90%. Jangan mengisi  lebih dar 100 karena suara kadang malah rusak.

Kembali ke multitrack view lalu play untuk mendengarkan hasilnya. Perhatian level suara rekaman sudah sebanding dengan lagu (bukan saat lagu dan suara bertumpuk. Karena ini akan diedit kemudian). Kalo volume lagu belum pas.Dobel klik pada lagu lalu lakukan normalize.hanya saja normalize kurang dari 100%. Kalo sudah oke kita lanjutkan.
Pada saat kita opening suara lagu akan mengecil  dan setelah opening selesai suara intro lagu2 akan membesar.Kalo digambarkan kurang lebihseperti ini





Berarti kita harus mnurunkan level suara lagu 1 dan2 pada saat opening berlangsung.
Pertama kita turunkan level pada lagu 1 terlebih dahulu.Klik pada time selection tool dulu agar kita bisa memilih bagian yang diinginkan.Lalu pilih bagian yang dimaksud(pastikan yang dipilh adalah lagu1).Klik edit view..Turunkan level suara dengan teknik normalize.Turunkan hingga ke level sekitar 60% dari level semula.Kalo sudah lakukan hal sama pada lagu2. Kali ini bagian awalnya kita turunkan levelnya.Kalo sudah kembali ke multitrack lalu coba mainkan (play)

 Langkah terakhir agar enak didengar kita akan gunakan teknik fading, agar saat mulai diputar suara tidak langsung keras.Tapi naik sedikit demi sedikit.Demikian pula pada bagian akhir supaya ga tiba-tiba brhenti. Caranya pilih bagian awal lagu1.Edit view lalu klik effect>>amplitude>>Amplify/Fade..lalu pilih fade in.

Kembali ke multitrack view pilih bagian akhir lagu2 lalu lakukan hal yang sama Cuma kali ini kita pilih fade out.Sudah selesai?!!kita tes hasilya…dan jangan lupa menyimpan file session ini.Saat menyimpan file session maka program akan menyimpan juga file audio yang diimpor…Jadi pastikan file yang diimpor adalah file hasil Copy..karena jika menggunakan file asli dan memilih untuk menyimpan file tersebut maka yang akan disimpan adalah file yang sudah kita edit.
Berikut kurang lebih tampilan akhir gelombang suara yang kita edit.

Terakhir kita export file yang sudah kita edit.Klik file>>export>audio. Beri nama file dan simpandi tempat yang diinginkan. Sebaiknya simpan sebagai wav untuk mempertahankan kualitas suara untuk berikutnya kita burning ke cd audio.

Oke…..file sudah selesai kita edit. Silakan Ulangi untuk insert dan lainnya.
Hasilnya mungkin ga sebagus hasil studio atau buatan tempat kursus tapi lumayan lah..sebagai perbandingan silakan aja bandingkan file berikut.

#tempat kursus
Listen rik - Samplevpice Course


#home made
Listen rik - Samplevoice Own
edit post

Comments

0 Response to 'Make your own Sample Voice'

Post a Comment